Visi dan Misi KB/TK Alam Ar-Rayyan

LATAR BELAKANG

Penyiapan generasi unggul dalam abad teknologi informasi tidak sebatas pada keunggulan intelektual dan keilmuan, tetapi juga unggul moral, etika, rasa kebangsaan, kesadaran budaya dan lingkungan. Penyiapan generasi unggul harus dikembangkan sejak dini, karena pada usia merupakan masa-masa keemasan (the golden age) bagi perkembangan anak. Anak usia dini membutuhkan stimulasi dan fasilitasi sehingga dapat mendorong dan mengoptimalkan aspek-aspek perkembangannya.

Temuan tentang kecerdasan jamak oleh Gardner telah menyadarkan kita tentang betapa kompleknya perkembangan anak. Anak tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual saja, tetapi lebih dari itu juga kecerdasan berbahasa (verbal-linguistik), visual spatial, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, musical-ritmik, dan juga kecerdasan naturalis, di samping kecerdasan spiritual yang kini masih dalam penelitian lebih lanjut.

Pengembangan kecerdasan tersebut membutuhkan pendekatan yang terpadu, dan alamiah sehingga mereka benar-benar dapat hidup di dunianya.

Memperhatikan hal tersebut, TK Alam Ar-Rayyan berupaya memfasilitasi berbagai perkembangan kecerdasan tersebut, dengan menyediakan berbagai pengalaman belajar dan bermain bagi anak, dengan latar alam dan berbagai kegiatan outbond, sehingga anak memperoleh pengalaman belajar secara terpadu, kontekstual dan bermakna.

VISI

Terwujudnya suatu system pendidikan, pembinaan dan pengembangan anak usia dini dengan standar poses dan mutu keluaran yang terjamin untuk merespon tuntutan kebutuhan masyarakat dan kehidupan global dengan berwawasan pada nilai-nilai religius yang tinggi.

MISI

  • Memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik sehingga mereka dapat bertunbuh dan berkembang secara optimal.
  • Mendidik peserta didik sehingga mereka memiliki kecakapan hidup yang memadai untuk dapat beradaptasi dengan kehidupan masyarakat yang makin berkembang.
  • Menjalin kerjasama kelembagaan dengan sesame lembaga pendidikan anak usia dini, organisasi profesi perguruan tinggi pemerintah, dan pemerhati pendidikan anak usia dini dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, produktif, dan bertanggung jawab serta memiliki wawasan dan keimanan yang tinggi sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
  • Membantu pemerintah dalam meningkatkan pemerataan dan kualitas pendidikan untuk anak usia dini melalui tindakan nyata yang professional dan bertanggung jawab.

TUJUAN

Membantu meletakkan dasar kea rah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.

Merujuk pada kurikulum Nasional yang dikembangkan secara kolaboratif, dikemas dalam satu keutuhan tematik-holistik, berisi aktivitas yang mampu menyentuh setiap aspek perkembangan anak yang dikemas ke dalam wilayah pembelajaran :

  • Nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan
  • Kehidupan pribadi, social, emosional, disiplin diri dan kemandirian
  • Kemampuan berbahasa, sastra, seni dan ekspresi diri
  • Kemampuan berfikir, berdaya cipta, dan kreativitas
  • Wawasan sains, lingkungan teknologi dan masyarakat (saling temas), serta matematis
  • Kesiapan baca, tulis, hitug dan observasi
  • Ketrampilan fisik-motorik dan kebugaran jasmani

One Response to Visi dan Misi KB/TK Alam Ar-Rayyan

  1. umilut futikah says:

    i like this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>