Qurban yuk…………………

Halo teman –teman jumpa lagi bersama kita “ BOLIBERM@N” ….pada hari kamis, 15 September 2016, kami ada kegiatan penyembelihan hewan Qurban, wah..seru  lho..teman – teman !

Tahukah kalian kanapa di agama islam ada kegiatan Penyembelihan Hewan Qurban?

Betul sekali karena kita mengikuti ajaran Nabi Ibrahim. Pada suatu hari Nabi Ibrahim As bermimpi mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih putranya yaitu Nabi Ismail As. Karena keikhlasan beliau dalam menjalankan perintah Allah untuk menyembelih putranya sendiri maka Allah mengganti putranya dengan seekor kambing. Nah mulai saat itu umat islam dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban pada bulan dzulhijjah.

Adapun hewan qurban itu bisa berupa kambing, sapi dan onta…

Alhamdulillah disekolah  kami tahun ini bisa mengikuti ajaran Nabi Ibrahim tersebut,  dengan menyembelih 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang berasal dari wali murid kami.  Yuk… kita ikuti acaranya…..

  1. Teman – teman mengamati proses penyembelihan hewan qurban dengan diiringi bacaan takbir
  2. Teman – teman mengamati bagian – bagian tubuh binatang dengan memisahkan antara daging, jantung, usus, paru, dll.
  3. Kami belajar untuk menimbang dan membungkus daging tersebut secara adil.
  4. Yang terakhir teman – teman membagikan daging qurban kepada yang berhak menerima daging qurban tersebut. Diantaranya tetangga sekitar sekolah, para tukang becak, para satpam, dll.

Adapun pembagian daging qurban nya ada yang mengambil sendiri di sekolah dengan membawa kupon yang sudah kita bagi sebelumnya dan ada juga yang kami antar langsung ke rumahnya sendiri – sendiri.

Nah…. Teman – teman dengan kegiatan ini, kami jadi mengetahui hewan apa saja yang bisa di gunakan untuk berqurban, bagian – bagian tubuh hewan qurban dan juga mengetahui siapa yang berhak menerima daging qurban.

untitled

 

 

 

Teman – teman inilah hewan qurban kami tahun ini

 

 

 

dsc05987

 

 

Nah… teman – teman, inilah foto saat kami melihat proses penyembelihan kambing

 

untitled_

Lihat, teman – teman … Bu Mia dan Bu ndari sedang menunjukkan bagian – bagian tubuh kambing

 

Dan coba lihat teman – teman yang dipegang Omar dan Alif Yusuf adalah ekor kambing loh …..

 

 

dsc06007

Teman – teman Tk B akan membagikan daging qurban ke tetangga sekitar sekolah, semuanya semangat loh… teman – teman … siapa mau ikut ?

 

 

dsc06012

 

Hebat iya…. Alif Yusuf berani memberikan sendiri daging qurban kepada tetangga

 

 

Oh ya teman – teman.. dalam kegiatan ini kami sangat senang sekali… karena mama – mama juga ikut membantu kami…. Terima kasih mama….

Nah….teman – teman  itu tadi  cerita kami tentang kegiatan penyembelihan hewan Qurban , Asyik tidak . . . ? sampai jumpa lagi dalam petualangan  selanjutnya bersama “BOLIBERM@N “ see you next time …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *