Program Pemberian Obat Cacing Anak Sekolah

Penyakit cacingan diderita oleh hampir sebagian besar penduduk Indonesia, baik anak-anak maupun dewasa. Penyakit ini sering menyerang anak usia balita dan anak dikala sekolah dasar. Penyebab cacingan antara lain sanitasi lingkungan kurang terjaga, kebiasaan anak-anak yang buang air besar di sembarang tempat, sarana MCK (Mandi, Cuci, kakus) yang kurang memenuhi syarat, kebiasaan tidak menggunakan alas kaki yang berakibat terjadinya infeksi telur cacing melalui pori kulit ataupun melalui makanan.

Cacing merupakan parasit atau organisme yang hidup pada organisme lain. Cacing yang ada dalam tubuh manusia akan merampas zat makanan dari tubuh yang dijadikan tempat tinggalnya. Jika hal ini terjadi pada anak-anak, akan mengganggu pertumbuhan dan menurunkan daya tahan tubuh, anak menjadi lemas, lesu, pucat.

Oleh karenanya, anak-anak dari usia dini perlu diajarkan untuk menjaga kebersihan diri, lingkungan sekitar dengan cara hidup bersih dan sehat. Biasakan menggunakan alas kaki ketika bermain di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan atau buang air, memotong kuku serta tidak buang air besar sembarangan.

Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah adalah melalui program pemberian obat cacing pada anak-anak usia TK dan SD yang dilaksanakan serentak pada bulan Agustus 2016. Obat cacing yang diberikan yaitu golongan albendazole. Efek samping yang mungkin timbul, perasaan kurang nyaman pada pencernaan seperti mual, muntah mungkin saja timbul, sakit kepala, gatal-gatal. Akan tetapi efek samping ini hanya terjadi pada sebagian kecil klien yang minum obat ini.

 

Sehubungan dengan program pemberian obat cacing tersebut, seluruh peserta didik KB-TK Alam Ar Rayyan akan mendapatkan obat cacing tersebut dan diminum di sekolah pada hari   Kamis,  11 Agustus 2016.

Demi kelancaran dan pelayanan terhadap peserta didik, kami mohon kepada orang tua untuk mengisi surat pernyataan dibawah ini dan dikumpulkan paling lambat hari Selasa, 9 Agustus 2016 pada bagian Tata Usaha KB/TK Alam Ar Rayyan.

Catatan:

  • Sebelum minum obat cacing, anak harus sarapan terlebih dahulu
  • Obat cacing tidak boleh diberikan jika anak sedang demam atau sakit
  • Obat cacing tidak boleh diberikan jika anak sebelumnya telah minum obat cacing minimal 6 bulan yang lalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *