Pergi haji yuuk (manasik)…………………………….

Halo teman –teman jumpa lagi bersama kita “ BOLIBERM@N” ….on Thursday, Nopember 3th ,2011. Di TK kami ada kegiatan manasik haji, wah..seru lho..teman – teman ! Kita bisa belajar tata cara melaksanakan ibadah haji.

Tahukah teman – teman ibadah haji itu termasuk Rukun Islam yang ke berapa ya? Betul sekali Ibadah Haji itu adalah rukun islam yang kelima, dan ibadah haji tersebut dilaksanakan pada bulan dzulhijah di kota Mekah. Untuk mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah haji teman” diajak ibu guru untuk latihan manasik haji. Kita mulai ya……….

1. Niat. Kita harus niat haji dengan memakai pakaian ihrom.  Pakaian ihrom untuk laki – laki tidak boleh berjahit sedangkan perempuan harus menutup aurat mulai ujung rambut sampai ujung kaki kecuali telapak tangan dan wajah.

2. Thowaf. Yang dimaksud thowaf adalah mengelilingi ka’bah sebanyak 7x.

3. Sai. Ibadah sai yaitu lari – lari kecil dari bukit Sofa ke bukit Marwah sebanyak 7x.

4. Wukuf. Ibadah wukuf berdiam diri dilaksanakan di Arofah dilanjutkan dengan mencari kerikil sebanyak 21 biji di Muzdalifah .

5. Melempar Jumroh. Kerikil yang sudah kita cari di Muzdalifah dilempar di bagi 3 jumroh yaitu jumroh ula, wustho dan aqobah.

 

Oh ya teman – teman ada juga kegiatan tahalul yaitu memotong rambut setelah melakukan thowaf dan sai.

Nah….teman – teman itu tadi cerita Manasik Haji di TK kami, sekarang kami udah tau bagaimana caranya melaksakan ibadah haji, mudah-mudahan kita semua dapat menuaikan ibadah tersebut.

“ya Alloh, berikan kemudaan buat ayah dan bundaku untuk bisa melaksanakan ibadah haji. amiin.”

Sampai jumpa lagi dalam petualangan selanjutnya bersama “BOLIBERM@N

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *